Rabu, 16 Desember 2015

Contoh Proposal Latihan Kepemimpinan

PROPOSAL
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) KE-III
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SANGATTA
TAHUN 2013

I.              Latar Belakang
Belajar, Contoh, Kampus, Mahasiswa, Pendidikan, Proposal, Orgasisasi merupakan wadah seseorang dalam mengeksplorasi kemampuan-kemampuan yang dapat menumbuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan dan administrasi keorganisasian. Pastilah berbeda antara orang-orang organisatoris maupun orang yang tidak pernah sama sekali mengikuti ataupun bergerak dalam organisasi. Dalam hal ini peran mahasiswa merupakan kaum-kaum intelektual yang diharapkan menjadi penggagas perubahan (the agent of chance) sangat strategis. Oleh karenanya mahasiswa harus mempunyai kemampuan kepemimpinan yang mumpuni dalam artian mampu bersaing dan menggagas perubahan-perubahan yang menjadi solusi perbaikan bangsa lebih baik lagi.
Kemampuan kepemimpinan yang mampu mengayomi sebuah organisasi dan seluruh anggota organisasi menjadi keharusan yang wajib dimiliki seorang pemimpin. Dalam menjalankan tugas kepemimpinannya juga perlu memperhatikan pola administrasi organisasi yang dipimpinnya. Sebuah organisasi yang baik selain dilihat dari program-program kerja yang berhasil dicapainya juga administrasi yang tertib dan teratur. Bila dibayangkan berat sekali tugas seorang pemimpin itu, namun dalam melakukan tugas dan fungsinya untuk menjalankan berbagai program kerjanya seorang pemimpin dibantu oleh anggotanya. Terjalinnya koordinasi yang baik antar pemimpin dengan anggotanya dan anggota dengan sesamanya akan mendukung berjalannya seluruh program kerja.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta yang merupakan kampus yang sedang berkembang. Maka berkembang pula organisasi-organisasi kemahasiswaan di dalamnya. Sesuai dengan dasar-dasar diatas, untuk menciptakan sebuah iklim organisasi yang baik dan teratur serta adanya koordinasi yang baik antar organisasi kemahasiswaan di kampus STAI Sangatta Kutai Timur. Maka dari itu, perlu diadakan pelatihan administrasi dan latihan kepemimpinan bagi seluruh organisasi kemahasiswaan untuk meningkatkan kulitas kerja dari seluruh organisasi kemahasiswaan di STAI Sangatta Kutai Timur.

II.           Nama dan Tema Kegiatan
Kegiatan ini diberi nama “Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III” dengan tema Menumbuhan Iklim Orgasisasi Kemahasiswaan Kampus yang Aktif dan Kompetitif”. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih kader-kader organisasi kemahasiswaan di STAI Sangatta Kutai Timur agar lebih baik.

III.        Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III dilaksanakan pada:
Hari/ tanggal      : Jum’at s/d Minggu, 5 s/d 7 April 2013
Waktu                : 08.00-selesai
Tempat               : Gazebo dan Mushala Kampus STAI Sangatta Kutai Timur

IV.        Tujuan Kegiatan
Tujuan dari Kegiatan ini adalah:
1.      Memepererat tali silaturahim antar organisasi kemahasiswaan STAI Sangatta Kutai Timur.
2.      Menggali bakat mahasiswa dalam bidang administrasi dan kepemimpinan.
3.      Meningkatkan profesionalitas dan kinerja organisasi kemahasiswaan STAI Sangatta Kutai Timur.
4.      Terciptanya iklim koordinasi administrasi yang baik antar organisasi kemahasiswaan.

V.           Manfaat Kegiatan
Manfaat dari kegiatan ini adalah:
1.      Terciptanya iklim organisasi yang dinamis.
2.      Terwujudnnya rasa kebersamaan dan kekompakan.
3.      Terbukanya ruang eksistensi kampus STAI Sangatta Kutai Timur.
4.      Meningkatkan kualitas kepemimpinan mahasiswa.
5.      Terciptanya generasi bakat dan minatnya dalam bidang administrasi dan kepemimpinan.
6.      Terbentuknya nalar kritis dan kreatif dari mahasiswa.

VI.        Dasar Kegiatan
1.      AD/ART Organisasi Kemahasiswaan STAI Sangatta Kutai Timur
2.      Hasil RAKER BEM STAI Sangatta Kutai Timur tahun 2012-2013
3.      Program Kerja Kementrian Pendidikan dan Riset BEM STAI Sangatta Kutai Timur.

VII.     Anggaran Dana
Adapun rincian anggaran dana terlampir.

VIII.  Sasaran dan Bentuk Kegiatan
a.    Sasaran kegiatan
Sasaran kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III STAI Sangatta Kutai Timur ini adalah seluruh anggota Badan EKsekutif Mahasiswa (BEM), undangan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah dan Syari’ah serta undangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STAI Sangatta Kutai Timur.
b.    Bentuk Kegiatan
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III ini adalah kegiatan yang berupa pemberian materi-materi oleh para dosen dan karyawan STAI Sangatta yang ahli di bidangnya kepada para peserta. Adapun jadwal kegiatan terlampir.
IX.        Penutup
Berbekal tekad dan semangat untuk terlaksanannya acara ini, besar harapan kami kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III ini dapat memberi manfaat bagi seluruh peserta umumnya dan sebagai wahana latihan mengembangkan sikap mental dan ketrampilan menegerial dalam berorganisasi dan mengelolah suatu kegiatan bagi panitia pada khususnya.
Demikian proposal ini kami susun sebagai kerangka kerja dan bertindak guna mendukung suksesnya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ke-III STAI Sangatta Kutai Timur.

Sangatta, 29 Maret 2013
PANITIA PELAKSANA
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) KE-III
STAI SANGATTA KUTAI TIMUR 2013

Ketua Panitia



NUR MUHABIBUDIN
NIM: 10.01.0044
Sekretaris Panitia



MUH. SAFE’I
NIM: 11.01.0044
Mengetahui,
A.n Presiden BEM
Wakil Presiden BEM





NASHIRUDIN
NIM: 10.01.0039


1 komentar: