Rabu, 13 Januari 2016

Proposal Bendungan Sederhana



Belajar, Proposal, Modern, Globalisasi,




              PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR
           KECAMATAN KAUBUN 
     DESA MATA AIR
  







Nomor            :  .........                                                                        Mata Air, 27 April 2015
Sifat                :  Penting
Lampiran       :  1 (satu) eksemplar
Perihal           :  Permohonan Penggunaan Kembali                 Kepada Yth.
   Bendungan                                                           Pimpinan PDAM
Desa Mata Air
                                                                                                            di
                                                                                                                   TEMPAT



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan kepada Bapak semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan inayah Allah SWT, guna menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Aamiin

Sehubungan dengan adanya rencana penggunaan kembali Bendungan di daerah kami, yang lokasinya di Desa Mata Air Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur, maka kami memberanikan diri untuk memohon bantuan kepada Bapak agar kiranya bendungan tersebut dapat dipergunakan kembali sebagai sumber air untuk keperluan dan kebutuhan warga masyarakat Desa Mata Air dan Sekitarnya. Hal ini mengingat kondisi masyarakat yang ada di daerah kami yang masih sangat kekurangan air untuk kehidupan sehari-hari.

Demikian surat permohonan bantuan biaya ini, atas segala bantuan dan kebijaksanaan Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Kepala Desa Mata Air





PUAEDI
Sekretaris Desa Mata Air





DARHIM






Tembusan : (disampaikan dengan hormat kepada) :
1.    Pimpinan PDAM Kecamatan Kaubun
2.    Camat Kaubun (Mohon Rekomendasi)
3.    Arsip



                                          PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR
                                           KECAMATAN KAUBUN 
                  DESA MATA AIR
 








PROPOSAL
PENGGUNAAN KEMBALI BENDUNGAN
(Desa Mata Air Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur)


A. Dasar Pemikiran

Seiring berjalannya waktu, roda jaman terus berputar membawa hembusan kemajuan di segala aspek kehidupan. Kesiapan tatanan hidup untuk mencukupi kehidupan merupakan salah satu langkah yang harus dipersiapkan. Untuk menghadapi hal tersebut diperlukan ketahanan ekonomi yang mantap.
Ketahanan ekonomi yang mantap dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran. Seperti halnya di daerah kami khususnya Desa Mata Air Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur, untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, maka diarahkan ke sektor perkebunan Sawit. Salah satu komoditi yang paling dominan dan paling banyak dirasakan manfaatnya oleh seluruh penduduk/ masyarakat.
Namun demikian Sawit yang menjadi komoditas perkebunan yang paling banyak manfaatnya ini mempunyai masalah tersendiri yaitu berkaitan dengan daya serap air pohon Sawit ini yang sangat besar sehingga keadaan tanah di daerah yang ditanami pohon Sawit tersebut akan cepat kering serta penampungan serta air tanah yang ada akan diserap habis oleh tanaman tersebut. Masalah selanjutnya adalah ketika di musim kemarau panjang maka kebutuhan air masyarakat untuk pemenuhan kehidupan akan menjadi sulit.
Untuk menanggulangi hal tersebut, kami selaku masyarakat yang berada di Desa Mata Air Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur mempunyai inisiatif untuk memberdayakan kembali Bendungan yang sebelumnya telah ada dan tidak lagi difungsikan sebagai sarana penampung air yang nantinya air tersebut bisa digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Bendungan dengan luas 200 m2 tersebut pada dasarnya merupakan bendungan yang menampung air dari sumber air, sehingga tidak akan kesulitan ketika musim penghujan maupun musim kemarau. Bendungan yang diresmikan pada tahun 2013 tersebut sudah tidak dapat lagi difungsikan sebagaimana mestinya dikarenakan mesin yang rusak yang digunakan untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga.
Berdasarkan hal tersebut kami sangat mengharapkan bantuan kepada pihak PDAM Desa Mata Air Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur demi terwujudnya penggunaan kembali bendungan dengan memberikan bantuan berupa perbaikan mesin yang difungsikan untuk memompa air ke rumah-rumah penduduk Desa Mata Air sehingga pasokan air bagi seluruh masyarakat Desa Mata Air lancar baik di musim kemarau maupun di musim penghujan.

B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pengajuan proposal Penggunaan kembali Bendungan ini adalah :
1.     Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.
2.     Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3.     Untuk meminimalisisr bahaya bencana alam yang disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan air.
4.     Untuk meningkatkan hasil/ produksi panen.
5.     Untuk mengefektifkan pengaturan debit air yang mengairi sawah.
6.     Untuk mengembangkan pola kehidupan masyarakat selain perkebunan yaitu budidaya perikanan.

C. Penutup
Demikian proposal ini dibuat sebagai acuan dan bahan pertimbangan berbagai pihak dalam melaksanakan program yang telah kami rencanakan. Besar harapan kami agar Bapak berkenaan memberikan bantuan moril maupun materiil demi terlaksananya kegiatan-kegiatan yang telah kami programkan.  Atas perhatian dan bantuannya kami haturkan terimakasih dan semoga Tuhan membalas kebaikan dan amal yang telah Bapak lakukan. Aamiin.


            Mata Air, 27 April 2015

Kepala Desa Mata Air



PUAEDI
Sekretaris Desa Mata Air



DARHIM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar